|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 15 Februari 2015

Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek, Xin Nian Kuai Le (新年快樂) Bukan Gong Xi Fa Cai (恭喜发财)

 


KEBAJIKAN ( De 德 ) -  Tahun Baru Imlek juga dikenal dengan sebutan  Chūnjié (春节)  = Festival Musim Semi. Hal ini dikarenakan Tahun Baru Imlek jatuh di penghujung musim dingin dan menyambut datangnya musim semi. Tahun Baru Imlek merupakan hari perayaan terbesar di Tiongkok dan seluruh dunia, biasanya kantor-kantor dan sekolah-sekolah akan libur panjang dari 10-14 hari untuk merayakan Tahun Baru Imlek ini.

Tahun baru Imlek atau Festival Musim Semi, dihitung berdasarkan dengan menggabungkan kalender bulan dan kalender matahari. Kalender Tionghoa sekarang masih digunakan untuk memperingati berbagai hari perayaan tradisional Tionghoa dan memilih hari yang paling menguntungkan untuk perkawinan atau pembukaan usaha.

Kalender Tionghoa dikenal juga dengan sebutan lain seperti "Kalender Agrikultur" (nónglì 农历/農曆), "Kalender Yin 阴历/陰曆" (karena berhubungan dengan aspek bulan), "Kalender Lama" (jìulì 旧历/舊曆) setelah "Kalender Baru" (xīnlì 新历/新曆) yaitu Kalender Masehi, diadopsi sebagai kalender resmi, dan "Kalender Xià 夏历/夏曆" yang pada hakikatnya tidak sama dengan kalender saat ini.  

Tahun baru Imlek yang akan jatuh pada tanggal 19 Februari 2015 ini merupakan perayaan Tahun Baru Imlek ke 2566. Wow….., Tiongkok sudah 553 tahun lebih dulu memiliki peradaban dan sistem penanggalan dibandingkan dengan  kalender Masehi. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan negara Tiongkok maju pesat seperti saat ini

Sama seperti hari perayaan lainnya, dalam perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya kita juga mengucapkan ucapan-ucapan selamat kepada kerabat yang merayakan. Tentunya kita sering mendengar atau melihat berbagai salam khas imlek, Gong Xi Fa Cai (恭喜发财), di mana-mana, mulai dari spanduk, iklan, media cetak, media elektronik, dan internet, bahkan hal itu sudah menjadi suatu kebiasaan dari tahun ke tahun yang kadang membuat kita salah sangka bahwa itu artinya adalah “selamat tahun baru”. 

Namun sebenarnya ada kesalahpahaman, yang mengartikan Gong Xi Fa Cai sebagai ucapan selamat tahun baru. Memang Gong Xi Fa Cai, ucapan selamat yang diucapkan saat tahun baru Imlek, tapi secara harafiah Gong Xi berarti salam atau selamat, Fat berarti semakin, dan Cai berarti rejeki. Sehingga arti Gong Xi Fa Cai sebenarnya adalah “selamat dan semoga lancar rezeki” (“gong xi” sendiri digunakan secara umum untuk mengucapkan selamat, termasuk selamat saat kelulusan atau saat menikah). 

Jika Gong Xi Fat Cai itu bukan selamat tahun baru, lalu bagaimana mengucapkan selamat tahun baru? Jawabnya adalah Ucapan selamat tahun baru yang sebenarnya adalah : Xin Nian Kuai Le (新年快樂). Ucapan tersebut secara harafiah bermakna selamat tahun baru. Xin berarti Baru, Nian berarti Tahun, Kuai le berarti Ucapan selamat. 

DI Taiwan, yang lebih sering diucapkan untuk memberikan selamat tahun baru Imlek adalah “Xin nian kuai le” atau “Guo nian kuai le”, baru setelah itu diikuti dengan “gong xi fa chai”, “sui sui ping an” (damai senantiasa sepanjang tahun),  dan sebagainya.

Sebenarnya bukan hanya Xin nian kuai le saja yang dapat diucapkan untuk memberikan salam ketika bertamu. Ada salam Bahasa Hokkien, yaitu : Kiong Hi Huat Cai - sering diucapkan sebatas Kiong Hi (salam) dan Kung Hei Fat Choi (bahasa Kanton) yang memiliki persamaan arti.

春节快乐,恭喜发财,万事如意
Chūnjié kuàilè, gōngxǐ fācái, wànshì rúyì
Selamat Tahun Baru Imlek 2566, Semoga beruntung dan banyak rezeki. 
Salam kebajikan 加油 Jiāyóu

Tidak ada komentar:
Write komentar