|
Welcome To My Website Kebajikan (De 德)......KEBAJIKAN ( De 德 ) Mengucapkan Xin Nian Kuai Le (新年快乐) 2571 / 2020...Xīnnián kuàilè, zhù nǐ jiànkāng chángshòu, zhù nǐ hǎo yùn..Mohon Maaf Blog ini masih dalam perbaikan....Dalam era kebebasan informasi sekarang, hendaknya kita dapat lebih bijak memilah, mencerna dan memilih informasi yang akurat. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan Etika dan Moral dalam kehidupan serta meningkatkan Cinta kasih tanpa pamrih pada sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia dan menyajikan keberagaman pandangan kehidupan demi meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan. Tanpa dukungan Anda kami bukan siapa-siapa, Terima Kasih atas kunjungan Anda

Minggu, 20 November 2011

Kitab Tao Te Ching, Bagian 1 Ching Tao ( 道 经 ) Bab 1-37

 


Tao Te Ching ( Cina: 道德经, Dao de jing ) yang diterjemahkan sebagai "Kitab Jalan" adalah sebuah kitab suci Cina kuno. Tradisi mengatakan bahwa buku itu ditulis sekitar 600 SM oleh seorang bijak bernama Laozi ( "Guru Tua"), catatan-penjaga di Pengadilan Kaisar dari Dinasti Zhou.
 
Tao Te Ching adalah manual klasik Kebajikan pada seni hidup, dan salah satu keajaiban dunia. Tao Te Ching adalah salah satu buku paling banyak diterjemahkan di dunia. Dalam delapan puluh satu bab singkat, Tao Te Ching terlihat pada keadaan dasar yang hidup dan memberikan saran yang mengajarkan keseimbangan dan perspektif, semangat tenang dan murah hati.

Buku ini adalah tentang kebijaksanaan dalam tindakan. Hal ini mengajarkan bagaimana untuk bekerja untuk kebaikan dengan keterampilan usaha yang datang dari yang sesuai dengan Tao (prinsip dasar alam semesta) dan berlaku sama untuk pemerintahan yang baik dan cinta, untuk membesarkan anak, bisnis, dan ekologi.

道 (DAO) biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "jalan di depan", "jalan depan", atau hanya "Jalan". Istilah ini, digunakan oleh semua filsuf Cina (termasuk Konfusius, Mencius, Mozi, Legalis, dll), memiliki arti khusus dalam konteks Taoisme, di mana ia menyiratkan proses, penting unnamable alam semesta.

德 (de) memiliki perkiraan Inggris setara dengan, "kebajikan" atau "kebenaran". 德 dapat membawa konotasi yang sama dalam bahasa Cina bahwa kata "kebajikan" tidak dalam bahasa Inggris, yaitu, baik itu bisa berarti "kebajikan" dalam arti kebajikan moral, atau juga bisa berarti "kebajikan" dalam arti bahasa Inggris yang agak kuno dari kekuatan yang melekat (seperti dalam "kebajikan penyembuhan tanaman").

经 (jing) berarti "kitab suci", "buku besar", atau "ajaran". Jadi, 道德 经 dapat diterjemahkan sebagai "Firman Jalan dan Kebajikan itu", "Buku Besar Jalan dan Power nya", "Doktrin Path dan Kebajikan nya", dll.

Tao Te Ching adalah buku singkat dari sekitar 5.000 karakter Cina yang memiliki 81 bab singkat dan memiliki dua bagian. Bagian Satu adalah Ching Tao ( 道 经 ), yang merupakan bab 1-37; Bagian Dua adalah Te Ching ( 德 经 ) yang merupakan bab 38-81.
 
Berikut adalah Bagian Satu dari Ching Tao ( 道 经 ), yang merupakan bab 1-37 

Bab 1 : Sifat Tao yang maha besar

Tao yang dapat dibicarakan bukanlah tao yang sebenarnya / yang abadi dan nama yang dapat diberikan bukanlah nama yang sejati . 

Tiada nama itulah kondisi permulaan terjadinya langit dan bumi . Setelah ada nama itulah induk dari segala benda .  Maka dengan selalu meniadakan keinginan melihat kegaiban Tao.


Dengan kemauan yang sungguh-sungguh dapatkah orang menyelami buah berkerjanya Tao.Keduanya ini adalah sama, hanya namanya saja yang berbeda, dua-duanya dikatakan gaib, sekali lagi gaib dan pintu dari segala kegaiban. 

Bab 2 : Hidup sesuai dengan Tao

Di dunia ini segala sesuatu yang indah dan baik bilamana telah diketahui oleh manusia, di samping itu pasti ada yang buruk dan jahat. 

Setelah kebajikan diketahui manusia sebagai kebajikan, tentu muncul ketidak bajikan / kejahatan. Maka timbullah keseimbangan ada dan tidak ada. Terjadilah saling keterkaitan antara sesuatu yang sukar dan mudah.

Perbandingan antara panjang dan pendek, antara tinggi dan rendah. Suara tinggi dan suara rendah memiliki keselarasan. Yang di depan dan yang di belakang saling mengikuti.

Maka dari itu, Orang suci berada dalam kedudukan tidak berbuat. Memberikan pelajaran dengan tanpa berkata. Bagaikan alam yang menciptakan segala benda dan segala makhluk dengan sewajarnya, menghidupi segalanya tetapi tidak menganggap sebagai miliknya.

Berkerja tetapi tidak membanggakan kepandaiannya, berjasa tetapi tidak mengakui pahalanya. Oleh karena mengakui tidak mempunyai apa-apa, maka ia tidak kehilangan apa-apa.

Bab 3 : Pemerintahan negeri atas dasar Tao

Jangan membanggakan kepandaian, agar tidak menyebabkan rakyat berebut dan bersaing. 


Jangan membanggakan / memuliakan benda-benda langkah / yang sulit didapat agar tidak menimbulkan nafsu rakyat untuk mencuri.


Jangan memperhatikan sesuatu yang dapat menimbulkan nafsu serakah , agar rakyat tidak kalut .

Seorang raja yang budiman mempunyai cara memerintah negeri dengan senantiasa berdaya upaya melemahkan pikiran rakyat untuk hidup mewah dan meniadakan nafsu serakah, nafsu kejahatan, sebaliknya membuat perut mereka kenyang dan membuat tulang-tulang mereka kuat.

Senantiasa berusaha agar rakyat tidak berpengetahuan rendah, tidak timbul nafsu serakah dan angkara murka . Walaupun di antara mereka ada yang mengerti tipu muslihat, tetapi tentu mereka tidak berani melaksanakan , karena dalam suasana yang tentram dan kehidupan yang serdehana, pengaruh kejahatan akan musnah.

Melakukan kebajikan tanpa berbuat yaitu sesuai dengan pribadianya, dengan tanpa memakai keinginan / sang aku ikut berkerja, dengan demikian semua akan teratur dengan baik dan sempurna .

Bab 4 : Kegaiban Tao

Walaupun dituang dan digunakan terus-menerus Tao tak bisa habis, sebaliknya diisi sebanyak-banyaknya pun tidak bisa penuh. Bagaikan air sungai yang tak dapat dijajaki, ia adalah sumber segala benda.

Menumpulkan ketajaman dan menyelesaikan kekalutan.
Membuat kesadaran segala kegemilangan menjadi serupa debu.
Bentuk suram, samar-samar tidak nyata bagaikan tenggelam di dalam air yang dalam, akan tetapi di dalamnya nyata ada intisari dari suatu hukum yang amat sempurna.
Aku tidak tahu anak siapakah Tao itu, rupanya ia sudah ada lebih dahulu.

Bab 5 : Sifat wajar dari Tao

 
Langit dan bumi itu adil tanpa kasih, memandang segala makhluk bagaikan anjing rumput ( Mengsia-siakan ).


Para suci itu adil, memandang manusia yang sifatnya egoistis bagaikan Anjing rumput ( Mengsia-siakan ).

Di antara langit dan bumi ada suatu gaya gaib yang senantiasa menciptakan dan menghidupi tanpa ada akhirnya, hingga laksana pompa angin dari tukang besi, yang meskipun kosong tetapi tidak hampa, makin cepat gerakan akan mengeluarkan angin semkin banyak. Banyak bicara akan kehabisan, lebih baik berusaha mencapai kesempurnaan.

Bab 6 : Gaya gaib Tao berkerja tanpa akhir

Dewa dari kekosongan tak dapat musnah, inilah yang disebut sumber kegaiban.
Pintu dari sumber kegaiban itu, disebut akar dari langit dan bumi. 


Lembut dan halus tak dapat dilihat dengan mata, tetapi senantiasa mengalir sambung-menyambung tak ada putusnya, bagaikan ada sesuatu kekuasaan yang mengatur alam ini, tak dapat habis di gunakan.

Bab 7 : Tao bersifat hidup dan menghidupi

Umur langit dan bumi itu panjang sekali dapat dikatakan bahwa langit dan bumi itu langgang dan abadi , apakah sebabnya langit dan bumi itu langgeng dan abadi ? Karena tidak hidup untuk diri sendiri, tetapi langit dan bumi menghidupi semua makhluk hidup, semua umat manusia dan semua benda yang ada di dalam semesta alam ini, maka langit dan bumi bisa panjang umurnya.

Orang yang luhur budinya tidak menonjolkan dirinya, meskipun ia selalu menempatkan dirinya di belakang, orang-orang akan senantiasa mengindahkannya dan menghargainya, hingga ia senantiasa menjadi orang terkemuka.

Orang yang luhur budinya dapat menghilangkan sifat egoisnya, karena dapat mengalahkan sang aku, barang siapa yang dapat melenyapkan sang aku bukan berati kehilangan diri sendiri, bahkan sebaliknya menemukan diri sejati.

Orang yang luhur budinya selalu berani mengorbankan kepentingan diri sendiri, walaupun demikian pengorbanan itu tidaklah sia-sia karena siapa yang berani berkorban untuk sesamanya, itu tanda dari orang yang tinggi martabat kebatinannya dan ia pun senantiasa akan berlindung serta akan mencapai tingkat kesucian tertinggi dan semakin luhur.

Bab 8 : Sifat Tao seperti air

Kebajikan yang luhur bagai air, air selalu memberi keuntungan kepada segala benda, tetapi tidak mencari jasa. Air selalu mencari tempat yang paling rendah, di tempat yang kotor sekalipun, maka air seperti sifat Tao.

Di mana pun orang budiman berada senantiasa dapat menyesuaikan dirinya.
Hatinya senantiasa tentram, bagai air telaga yang dasarnya dalam, air yang diam tandanya dalam, demikian pula dengan hati yang tentram dimiliki orang yang berhati luhur.

Dalam pergaulan dengan sesamanya selalu mencurahkan cinta kasihnya. Berbicara lemah lembut dan dapat dipercaya.

Dengan hati yang tenang dan jujur dapat menyelesaikan segala persoalan dengan bijaksana dan sempurna.


Senantiasa mengerjakan tugas dengan baik. Dan semua gerakannya dilakukan pada waktu yang tepat. Karena senantiasa mengalah.

Bab 9 : Mengenal batas adalah sifat Tao

Orang yang mengenal batas tak dapat terjerumus dalam kehinaan.
Daripada menjadi seorang serakah yang berusaha mendapat sebanyak-banyaknya melebihi kemampuannya, adalah lebih baik menjadi orang yang tak mempunyai apa-apa sama sekali.

Bagaikan benda keras yang digosok terus-menerus akhirnya akan aus juga.
Gedung yang berisi penuh harta benda berharga, emas berlian, walaupun dijaga ketat, toh tetap diincar penjahat-penjahat dan akhirnya dirampok habis-habisan.

Kekayaan dan kemuliaan bila dijadikan kebanggaan akan mendatangkan kemusnahan .
Maka orang bijaksana setelah melakukan pahala bagi dunia lalu mengundurkan diri , inilah justru hukum dari Tao yang bersifat Tuhan .

Bab 10 : Tak ada konpromi antara baik dan jahat dalam Tao

Mendukung satu yaitu sifat dalam diri kita dan dapatkah tak terpisahkan pula ?
Dengan semagat yang tak kunjung padam kita harus melakuakn budi pekerti, lemah-lembut, cinta kasih, serta sabar dan dapatkah hingga seperti sifat anak-anak ?
Cuci bersih segala cacat dalam diri kita dan dapatkah tak ada sedikit pun noda ?

Seorang raja bijaksana yang memerintah negeri atas dasar cinta kasih terhadap rakyatnya , dapatkah tak mengunakan otak dan akal muslihat ? Terbuka dan tertutupnya pintu surga, bisahkah jangan mengandung sifat betina ( mengikuti ) ?

Seorang bijaksana yang dengan pikirannya yang jernih dapat mengetahui kejadian di segala pelosok dunia, dapatkah melakukan tidak berbuat ?  Dihidupi dan dipelihara, Menghidupi tapi tak menganggap bahwa itu miliknya. Bekerja tetapi tidak membanggakan kepandaiannya, memelihara dan menghidupi tetapi tidak membinasakan, inilah kebajikan sempurna.

Bab 11 : Nilai kekosongan sesuai Tao

Tiga puluh jari-jari roda kereta yang dipasang pada sebuah gadar roda di tengahnya ada satu lobang kosong untuk dimasuki poros / as. Oleh karena itu maka roda dapat diputar, hingga kereta dapat bergerak.

Benda-benda keramik misalnya gelas, cangkir, mangkuk dan sebagainya dapat dipakai karena adanya bagian yang kosong, kalau cangkir tidak mempunyai bagian kosong tentu tak ada gunannya, tak dapat dipakai untuk tempat teh / isinya. 

Melobangi tembok untuk pintu / jendela, barulah berguna untuk kamar. Maka dikatakan barang yang berwujud itu memberikan hasil / kebutuhan, tetapi kegunaannya karena adanya kekosongan.

Bab 12 : Mengendalikan panca indera sejalan Tao 

Panca warna dapat membuat mata menjadi buta, panca suara dapat membuat telingga menjadi tuli, panca rasa dapat membuat lidah kehilangan rasa sejati. Menunggang kuda, memburu binatang hutan, membuat pikiran menjadi kalut.
Benda-benda yang sulit didapat / benda-benda langkah, misalnya batu permata berlian dan sebagainya yang berharga mahal, membuat orang waspada dan berjaga-jaga.
Maka orang budiman hanya mementingkan perut bukan mementingkan mata. ( Ini bukan serakah tetapi sederhana bukan kekayaan / nama besar ).

Ia senantiasa menghindari yang itu sebaliknya mengambil yang ini. ( Ini bukan mengambil sesuka hati tetapi mengambil yang menjadi haknya ).

Bab 13 : Goncangan-goncangan sang aku bertentangan dengan Tao

Kemuliaan maupun kehinaan mendatangkan rasa cemas. Keberuntungan maupun kecelakaan itu di sebabkan adanya sang diri. 

Apa yang dimaksud dengan kemuliaan dan kehinaan mendatangkan rasa cemas itu ? Kehinaan adalah keadaan rendah yang sangat ditakuti orang yang mendapatkan kemuliaan akan merasa cemas di dalam hatinya, bilamana kemuliaannya itu lenyap dan berbalik mendapat malu / kehinaan, Inilah sebabnya dikatakan kemuliaan dan kehinaan mendatangkan rasa cemas.

Apakah yang dimaksud dengan keberuntungan maupun kecelakaan itu disebabkan adanya sang diri ? Sebabnya kita bisa mendapatkan kecelakaan karena adanya sang diri, kalau tidak ada sang diri, bagaimana kita bisa mendapatkan kecelakaan ?

Maka orang yang mencapai kesempurnaan dapat berkerja guna alam dan seolah-olah dapat menjadi perantara alam untuk mencurahkan kebencian kepada sesamanya, orang yang dirinya diliputi cinta kasih dapat berkerja guna alam dan dapat menjadi perantara untuk mencurahkan cinta kasihnya kepada sesama manusia.

Bab 14 : Tao yang sempurna tak mempunyai wujud

Dilihat tak kelihatan mukanya maka dikatakan tak berupa. Didengar tak kendengaran maka dikatakan tak bersuara. Diraba tak kedapatan maka dikatakan tak berbentuk. Ini tiga sifat yang tak dapat dimengerti / dilukiskan, maka telah bersatu didalam kesamaan.

Di atas ia tidak gemilang, dibawah ia tidak suram. Ia berkerja tidak henti-hentinya namun tak dapat diberi nama.

Ia kembali di dalam kekosongan inilah yang dibilang rupa yang tidak berupa dan wujud yang tak berwujud, ia dapat dikatakan samar, dilihat dari depan, tidak kelihatan mukanya, diikuti dari belakang tidak kelihatan belakangnya.

Berpegang pada Tao dari jaman purba untuk mengendalikan keadaan sekarang. Siapa yang mengerti keadaan kuno dan mengerti keadaan baru, ia terhitung orang yang mengenal pokok dari ajaran Tao.

Bab 15 : Orang yang mahir ilmu Tao bersikap samar

Pada jaman dahulu orang suci yang mahir ilmu kebatinan yang disebut Tao Su, ia mempunyai hubungan erat dengan makhluk-makhluk suci yang membimbing ke arah luhur.

Ahli ilmu Tao ilmunya sedemikian dalam hingga tak dapat dijajaki, karena tak dapat dijejaki, maka orang-orang hanya dapat menduga-duga saja. Orang mengatakan bahwa ahli Tao itu sikapnya sangat waspada, hingga laksana binatang ia menyeberangi sungai yang airnya beku di musim salju.

Ada pula yang mengatakan bahwa ahli Tao ituselalu berkhawatir, bagaikan binatang Ju yang takut pada segala kemungkinan yang datang dari empat penjuru, senantiasa hemat dan bersikap sungguh-sungguh menyambut tamu  mengundurkan diri dan merendah bagaikan sifat salju yang mencair.

Wajar bagaikan barang yang belum diselesaikan. Kosong keadaannya bagaikan lembah luas. Ia bersikap samar bagaikan air yang keruh.

Siapakah yang dapat menghentikan air yang keruh itu, di dalam diam dengan sendirinya akan menjadi jernih. 

Siapa yang mencapai ketentraman abadi dengan lambat-laun hubungan dengan alam surga menjadi aktif.
 
Siapa dapat menginjak jalan utama ini, maka nafsu keinginannya tidak meluap. Siapa yang tidak meluap nafsu keinginannya, maka ia dapat mencapai kekekalan dan bebas dari suka dan duka .

Bab 16 : Ketenteraman dalam diam dan bersatu dalam Tao

Mencapai kekosongan yang sempurna dalam keadaan diam dan tenteram hingga sampai pada puncaknya. Sehingga gerakan dari segala macam benda di seluruh alam dunia ini dapat di saksikan, bagaimana tunbuh dan hidupnya segala pergerakannya, begitu kita akan menyaksikan kembalinya mereka pada asal-mulanya.

Benda-benda yang ada di seluruh dunia ini, beribu-ribu jenisnya, beraneka warna coraknya dan bermacam-macam sepak terjangnya, begitu pun perjalanan mereka simpang siur, akan tetapi pada akhirnya tak dapat tidak mereka kembali pula pada asal muasalnya.

Kembali pada pokok pertama dan asal usulnya yaitu dikatakan ketenteraman, maka hal ini boleh di bilang kembali pada kordat dan kembali pada kordat yaitu langgeng dan abadi .

Siapa yang mengenal hukum kelanggengan, berati bijaksana dan mengenal hukum kebenaran dan hukum alam. Sebaliknya orang yang tidak mengenal hukum dari kelanggengan itu, berati hidup dalam kebencian dan kebodohan, hingga hidupnya bertentangan dengan Tao dan hukum kebenaran yang menyebabkan hidup dalam kesengsaraan dan penderitaan yang tak ada habisnya.

Bab 17 : Manusia dan sifat wajar dari Tao

Pada dahulu kala yaitu jaman yang pertama, rakyat tak mengetahui apakah yang membuat kepala mereka, mereka hanya mengetahui raja, tetapi tidak mengetahui siapa saja mereka.

Pada jaman kedua rakyat menghormati dan memuji pada rajanya. Setelah sampai pada jaman ketika rakyat takut pada rajanya. Pada jaman keempat rakyat memandang rendah dan menghina rajanya. Kejujuran semakin berkurang hingga kepercayaan tak ada lagi .

Sebaliknya pemerintahan dari raja yang bijaksana begitu sempurna karena sang raja selalu berhati-hati dalam membicarakannya , menjalankan pekerjaannya untuk kepentingan rakyat, bukan untuk kepentingan diri sendiri, meskipun demikian tidak membanggakan pahalnya sehingga rakyat tidak dapat mengetahui dan menganggap kemakmuran ini terjadi dengan sewajarnya 
.
Bab 18 : Kebaikan di tonjolkan setelah Tao lenyap

Bila Tao / sifat wajar dilalaikan, muncullah istilah kebaikan dan kebenaran. Setelah ada orang-orang yang cerdik dan pandai, muncullah di dunia ini segala kepalsuan. Bila di dalam lingkungan keluarga tidak ada keharmonisan munculah istilah bakti dan cinta-mencintai antara bapak dan anak. Bila negeri dalam kekalutan muncullah menteri yang setia .

Bab 19 : Hidup sewajarnya sesuai dengan Tao


Hapuskanlah dan buanglah istilah kesucian dan kebijaksanaan, supaya rakyat memperoleh faedah berlipat ganda.

Hapuskanlah dan buanglah istilah cinta kasih dan kebajikan, supaya rakyat dengan sewajarnya kembali pada prilaku bakti dan saling mencintai .

Hapuskanlah dan buanglah segala akal muslihat dan nafsu keserakahan, dengan sendirinya pencuri dan perampok akan lenyap .

Tiga ungkapan di atas memberi bukti bahwa rakyat tidak cukup hanya diberi pelajaran lahir terus, tidak cukup diberi pelajaran ilmu pengetahuan akan tetapi mereka harus diberi pelajaran tentang etika, budi perkerti dan kebatinan serta di pimpin untuk kembali pada sifat sewajarnya, berlaku hemat dan sederhana, menghilangkan sifat egoisme dan nafsu keinginan.

Bab 20 : Menjauhkan masalah duniawi untuk bersatu dengan Tao

Tidak belajarpun tidak ada kesulitannya . Seberapakah perbedaannya antara yang pintar dan yang bodoh ? Apakah perbedaannya antara kebaikan dan keburukan ? Yang di segani orang lain, tidak dapat untuk tidak disegani ?

Sulit untuk mengetahui peristiwa-peristiwa yang belum terjadi. Banyak orang terlena hanyut dalam arus kemewahan seperti tak henti-hentinya berpesta danging lembu di atas paseban dan menikmati pemandangan musim semi. 

Melainkan hanya aku sendiri dalam keadaan tenang, tiada keinginan, bagaikan anak kecil yang belum cukup setahu usiannya.Bagaikan anak piatu yang bergelandangan tidak punya rumah untuk pulang. 

Banyak orang mempunyai harta berlebihan, sedangkan aku sendirian bagaikan kehilangan segala-galanya. Aku bagaikan seorang dungu yang tidak mempunyai pikiran suatu apa, dengan pakaina compang-camping tidak menentu.

Kebanyakan orang hidup mewah dan bergelimang harta, sedangkan aku sendiri tampak suram dan menjemukan. Umumnya orang bergembira dengan muka terang dan berseri-seri, sedangkan aku sendiri dalam keadaan kusut, lesu dan sepi.

Akan tetapi aku senantiasa tenang bagaikan lautan yang teduh senantiasa bertiup kian kemari bagai hembusan angin. Banyak orang memiliki kemampuan, sedangkan aku sendiri hanya memiliki kebodohan. Hanya aku sendiri yang sangat berbeda dengan orang lain dan tidak dapat terpisah dari dukungan Tao, bagaikan bayi yang tidak dapat berpisah dari sang ibu .

Bab 21 : Tiada sesuatu yang berharga kecuali Tao

Kebajikan yang terbesar hanya sesuai dengan Tao. Tao sebagai benda bersifat samar-samar.
Di dalam kesamaran itu dengan sepintas lalu dapat dilihat adanya semua sifat.
Di dalam kesamaran itu dengan sepintas lalu dapat dilihat adanya sesuatu rupa.
Di dalam keadaan tersembunyi dan di antara kegaiban terdapat inti sari.

Inti sari itu amat murni dan di dalamnya berisi pokok kebenaran yang dapat dipercaya keasliannya. Sejak dulu hingga kini dan masa yang akan datang namanya tidak bisa hilang. 

Untuk menyelidiki asal mula dari alam ini, bagaimana aku sampai dapat mengetahui kondisi asal mula dari alam ini ? Ialah berdasarkan penyelidikan dari sini.


Bab 22 : Tao menyempurnakan segala kekurangan

Siapa yang mengakui dirinya serba kurang, ia akan dibuat menjadi sempurna.
Siapa yang mengaku bengkok akan dibuat lurus.
Siapa yang mengaku masih kosong akan dibuat penuh.
Siapa yang mengaku telah renta akan diperbaruhi.

Siapa yang mengharapkan sedikit akan mendapat sebaliknya yang mengharap terlalu banyak akan kalut. Dari itu seorang budiman hanya mendukung satu hingga menjadi contoh bagi dunia.

Tidak menonjolkan diri maka ia mendapatkan muka terang.
Tidak membenarkan diri sendiri maka terkenallah kebajikannya.
Tidak membanggakan jasanya maka masyarakat akan mengakui pahalanya.
Tidak menyombongkan diri sendiri maka ia dapat langgeng kedudukanya.

Siapa yang tidak suka berebut / bersaing maka orang sedunia tidak akan berebut kepadanya, hingga ia terbebas dari persaingan. 

Dalam pepatah kuno dikatakan bahwa siapa yang mengaku dirinya serba kurang, justru ia akan menjadi sempurna. Ternyata ini bukan omong kosong, tidak dapat di sangsikan ia akan kembali dalam kesempurnaan yang sesungguhnya. 

Bab 23 : Siapa yang sesuai dengan Tao akan diterima oleh Tao

Bahwa orang yang jarang berbicara itu sesuai dengan sifat alam.
Maka angin taufan yang bertiup keras tak lebih lama dari satu pagi, hujan lebat tak turun terus-menerus sepanjang hari. Siapa yang menciptakan ini semua ialah langit dan bumi / alam, apalagi manusia.

Maka setiap orang yang tingkah lakunya sesuai kebenaran akan cocok dan bersatu dengan kebenaran yang sesuai dengan kebajikan, kebajikan pun akan bersatu dengan kebajikan, sebaliknya yang tidak benar dan tidak bijak pun juga akan bersatu dengan sifat-sifat yang tidak bijak, tegasnya yang jahat pun akan bersatu dengan kejahatan.

Orang yang sifatnya sesuai dengan kebenaran, maka oleh kebenaran ia akan diterima dengan suka cita, Siapa yang sesuai dengan kebajikan pun akan disambut oleh kebajikan dengan penuh kegembiraan, sebaliknya mereka yang sifatnya jahat pun akan mendapatkan sambuatan baik dari golongan jahat. Bila sekarang tidak cukup kejujurannya maka ia pun tidak mendapat kepercayaan.

Bab 24 : Siapa yang menentang Tao tidak akan abadi

Siapa yang berjingkat tak dapat berdiri lama.
Siapa yang membentangkan kaki untuk melangkah terlalu lebar, ia tak akan dapat berjalan.
Siapa yang menonjolkan dirinya ke muka, ia tak bisa menjadi gemilang.
Siapa yang membenarkan perbuatanya sendiri tak dapat menjadi hebat.

Siapa yang memuji-muji diri sendiri, ia tidak memiliki jasa.
Siapa yangmenyombongkan diri sendiri ia tidak luhur.

Perbuatan-perbuatan yang rendah itu terhadap Tao bagaikan sisa makanan / sampah yang kotor. Ini adalah yang terburuk diantara benda-benda, maka orang yang mengutamakan Tao tidak suka memakai.

Bab 25 : Tao adalah ibu dari langit

Ada satu benda yang sifatnya samar namun menjadi pencipta dari segala benda di seluruh semesta alam ini. Ia sudah ada terlebih dahulu sebelum ada langit dan bumi, sifatnya suci dan kosong. Ia berdiri sendiri dan tidak berubah, langgeng dan abadi.

Mengelilingi dan meliputi semuanya dengan tanpa berhenti dan tak ada akhirnya sehingga dapat dikatakan ibu dari semesta alam. Aku tak mengetahui namanya, aku catat dan menyebutnya Tao. 

Dari sifatnya yang demikian itu, terpaksa aku namakan ia maha besar, karena maha besar dapat mencapai dimana-mana, dapat dimana-mana maka dikatakan jauh, karena jauh maka dimana ia pergi, ia pun dapat kembali pula.

Maka tao itu besar, langit besar, bumi besar tetapi raja juga besar, didalam semesta alam ini ada empat besar, dimana raja juga termasuk salah satu di antaranya. Manusia di dalam lingkungan hukum bumi. Bumi di dalam lingkungan hukum langit dan langit di dalam lingkungan hukum dari Tao, sedangkan Tao dari hukum sewajarnya.

Bab 26 : Orang budiman tak terpisahkan dari Tao

Berat menjadi akar dari ringan. Diam adalah tuan dari gerak.

Maka seorang budiman dalam tingkah laku sehjari-hari tidak terpisahkan dari Tao, bagaikan tentara yang bergerak maju tak dapat terpisahkan dari perbekalannya. 

Walaupun ada pemandangan yang amat menarik dan indah, tetapi ia tidak tertarik, senantiasa diam dan dengan sikap sederhana tinggal dengan tenang.

Mengapa seorang raja dari negeri besar yang mempunyai angkatan perang terdiri dari selaksa kereta perang, maka menyombongkan diri dan memandang ringan terhadap dunia ? yang memandang ringan segera kehilangan pokok, bergerak segera kehilangan dasar .

Bab 27 : Yang mengenal Tao bertugas sebagai guru  

Yang pandai berjalan tidak meninggalkan bekas.
Yang pandai bicara tidak dapat dicari kesalahannya.
Yang pandai menghitung tidak perlu memakai mesin hitung.
Yang pandai menutup tidak perlu memakai kunci / palang pimtu, toh tak dapat dibuka.
Yang pandai mengikat tidak memerlukan tali, toh tidak dapat terlepas.

Oleh sebab itu seorang kebatinan pandai menolong orang dan tidak mengabaikan sesama umat.

Demikianpun beliau pandai pula menolong makhluk, maka tidak mensia-siakan mereka. Inilah yang dikatakan waspada akan jalanya Tao.

Maka orang yang baik adalah guru dari orang yang tidak baik, sebaliknya orang yang tidak baik adalah contoh yang bergung bagi orang yang baik. Tidak mengindahkan sang guru dan sebaliknya tidak cinta pada contoh walaupun tidak cintah pada contoh, walaupun pandai nyatanya tersendat.

Bab 28 : Tahu diri adalah sesuai dengan Tao

Mengetahui sifat positif, melindungi sifat negatif menjadi aliran sungai dunia. Menjadi saluran dari alam, maka ia tidak terpisah dari kebajikan yang kekal, sehingga kembali pada sifat anak-anak, yaitu sifat yang suci jujur dan sewajarnya.

Mengetahui warna yang putih, melindungi warna yang hitam menjadi contoh dunia. Menjadi contoh bagi manusia di dunia, maka kebajikannya yang kekal tak dapat salah pula, ia akan kembali dalam alam kekosongan yang sempurna. 

Mengetahui penghargaan, menjaga penghinaan sebagai lembah dunia yang luas. Menjadi lembah dunia, kebajikan kekal akan memenuhi dirinya dan ia akan kembali di dalam kesederhanaan yang sewajarnya. 

Setelah kesederhanaannya menjadi sempurna, maka ia akan menjadi alat, yang dipergunakan oleh para bijaksana untuk menjadi pejabat negeri yang adil dan bijaksana. Maka pemerintahan yang baik tak menghukum rakyatnya.

Bab 29 : Tao menghendaki kebebasan setiap makhluk

Siapa yang hendak menguasai dunia dan hendak memperdaya rakyat untuk menguntungkan dirinya, aku nyatakan bahwa ia tak akan berhasil. 

Dunia sebagai alat dewa, rakyat tak dapat dipaksa untuk berkerja guna pihak lain,  siapa yang memaksa akan gagal dan siapa yang menguasai akan kehilangan.

Maka benda-benda bermacam-macam sifatnya, ada yang jalan, ada yang mengikuti, ada yang menyedot dan ada yang meniup, ada yang kuat, ada yang lemah, ada yang dalam keadaan patah dan ada yang dalam keadaan runtuh.

Dari itu seorang budiman membuang segala sifat yang berlebihan, jauhkan kemewahan dan segala sesuatu yang melewati batas.

Bab 30 : Sikap seorang ksatria sesuai dengan Tao .

Raja yang mengayomi rakyat seluruh negerinya dan sesuaikan dirinya dengan Tao tak akan menggunakan kekuatan tentaranya untuk menaklukan manusia di seluruh dunia.

Perbuatannya sangat baik, maka iapun memperoleh pembalasan baik juga. Dimana bala tentara ditempatkan, di situ tanahnya akan dipenuhi kerimbunan alang-alang dan duri . Sesudah ada gerakan tentara secara besar-besaran, kemudian akan diikuti masa paceklik .

Orang budiman setelah mencapai hasil baik, senantiasa akan merasa puas dan tidak serakah menguasai sebanyak-banyaknya dengan menggunakan kekerasan dan kekuatan senjata. Setelah berhasil tidak mengandalkan kegagahannya, setelah berhasil tidak membanggakan pahalanya, setelah berhasil tidak menyombongkan dirinya.

Setelah mendapat hasil senantiasa menganggap bahwa hal ini memang tidak bisa lain dari pada begitu. Bila memperoleh hasil jangan menunjukan kebangisan / kegagahan, karena segala perkara tidak langgeng.

Siapa yang satu kali mencapai puncak dari kekuatannya akan selaksanya menjadi tua dan menjadi lemah, inilah yang dibilang tak sesuai dengan Tao dan siapa yang tak sesuai dengan Tao akan segera berakhir riwayatnya.

Bab 31 : Tao tak menghendaki pertumpahan darah .

Betapa indahnya alat perang itu, namun tak membawa kebahagian bagi umat manusia di dunia. Ini adalah paling jahat di antara benda-benda, maka bagi orang yang mengutamakan Tao tak suka memakainya .

Orang yang luhur budinya berkedudukan di sebelah kiri. Panglima perang memuliakan kedudukan di sebelah kanan. Alat-alat perang itu bukanlah alat yang membawa kebahagiaan, maka dari itu bukan alat-alatnya seorang budiman.

Kalau terpaksa menggunakan alat-alat perang itu harus mengutamakan kesederhanaan, sedapat mungkin menggunakan secara minim.

Meskipun memperoleh kemenangan tidak memandang sebagai suatu keindahan / kehebatan. 

Barang siapa memandang kemenangan sebagai keindahan berarti ia gemar membunuh pada sesamanya .

Perbuatan baik dan urusan yang membawa bahagia mengutamakan kedudukan di sebelah kiri, sebaliknya perbiuatan dan yang mendatangkan malapetaka mengutamakan kedudukan sebelah kanan .

Pada waktu angkatan perang disiapkan panglima curang berkedudukan di sebelah kiri. Sedangkan panglima yang luhur berdudukan di sebelah kanan.

Pribahasa mengatakan bahwa setiap dilakukan upacara pelantikan panglima perang adalah merupakan upacara dari kematian. Pembunuhan pada sesama manusia secara besar-besaran membangkitkan ratap-tangis yang sangat memilukan hati. Kemenangan perang senantiasa diikuti dengan upacara kematian .

Bab 32 : Tao yang abadi tak mempunyai nama 

Tao yang abadi tak mempunyai nama. Sifat yang sewajarnya, walaupun kecil dan nampak tak berarti, namun tak ada yang dapat memerintahnya.

Apabila raja-raja dapat mempergunakannya, segala benda / makhluk dengan sendirinya akan takluk padanya.

Langit dan bumi akan ada keselarasan hingga menurunkan embun yang manis rasanya, walaupun rakyat negeri tanpa diperintah dengan sendirinya akan teratur dengan tenteram.

Kemudian setelah berganti-ganti dari satu dinasti ke lain dinasti, maka peraturan-peraturan makin lama makin bertambah, hingga timbul bermacam-macam nama. Setelah nama-nama itu sudah ada, maka mereka yang menjadi kepala negara harus mengetahui di mana harus berhenti, siapa yang mengetahui di mana harus berhenti tak akan mendapat bencana.

Tao yang berada di dunia ini, bagaikan aliran sungai-sungai yang semuanya menuju ke laut.

Bab 33 : Mengenal diri sendiri adalah kebijaksanaan 

Siapa yang dapat kenal orang lain, disebut pandai tetapi siapa yang bisa mengenal dirinya sendiri bijaksana .

Siapa yang dapat menaklukkan orang lain boleh dikatakan kuat, tetapi siapa yang dapat menaklukan diri sendiri ialah yang besar kekuasaannya.

Siapa yang merasa cukup ialah seorang yang kaya.

Siapa yang bisa berjalan maju dengan cepat, ialah mereka yang mempunyai kemauan tetap .
Siapa yang tinggal tetap dalam kedudukannya, selamanya tinggal sentosa .
Siapa yang setelah mati tetapi tidak musnah, ialah yang berusia panjang .

Bab 34 : Tao yang maha besar mengalir bagai air 
Tao yang maha besar mengalir bagai air dan menggenangi segala sesuatu hingga bersamaan di sebelah kiri dan kanan. Segala benda dan makhluk hidup mengandalkan kepadanya, sedangkan ia tidak menolak untuk menghidupi semuanya dengan tak henti-hentinya dan tanpa beristirahat . 

Membuat pahala dengan tanpa maksud mendapat nama , memelihara segala makhluk tetapi tidak menguasainya. Sifat Tao langgeng dari abadi tanpa pamrih hingga dalam pandangan manusia dinamakan kecil dan tidak mewah. 

Segala benda dan makhluk pada akhirnya akan kembali pula padanya, walaupun begitu ia tetap tak mau menguasainya dengan sifatnya yang agung ini, maka ia dapat di sebut maha besar. 

Oleh karena dari permulaan hingga sampai pada akhirnya ia tidak menyombongkan dan membesar-besarkan diri sendiri, maka justru hal demikian membuatnya sempurna dan maha besar .

Bab 35 : Kesempurnaan dari Tao

Barang siapa mencapai persatuan dengan Tao, maka seluruh alam ini seolah-olah dalam genggaman tangannya, manusia dari segala dunia akan datang kepadanya, bukan untuk permusuhan melainkan untuk memberi perlindungan kepadanya.

Musik yang merdu dan makanan / minuman yang lezat dapat menarik kunjungan banyak tamu. Tao bagai mulut begitu tawar tak ada rasanya. Di pandang tak menarik pandangan mata, didengar tak menarik pendengaran telinga, tetapi faedahnya mesti dipakai selamanya tak bisa habis .

Bab 36 : Dunia yang fana dan Tao yang abadi 

Bila alam akan membuat susut / pendek sesuatu, terlebih dahulu membuat banyak / panjang. Bila akan membuat lemah, lebih dahu membuatnya kuat.

Bila akan membuat jatuh terlebih dahulu membuatnya bangun. Bila akan mengambil terlebih dahulu memberi , inilah yang disebut sifat alam yang lebih dulu menunjukan gejala gaib untuk sesuatu yang kemudian akan terjadi.

Pihak yang lemah mendapat kemenangan atas musuh yang lebih kuat. Ikan tak dapat dipisahkan dari sungai. Peralatan negeri yang penting tak boleh diperlihatkan pada semua orang.

Bab 37 : Tao tidak bekerja tetapi tidak ada sesuatu pun yang tidak diperkerjakan olehnya

Tao tak mengerjakan apa-apa selalu diam, tetapi tak ada semua yang tidak dikerjakan oleh Tao. Jikalau seorang raja dapat memegang pemerintahan negerinya atas dasar Tao, segala sesuatu berjalan dengan baik secara sewajarnya.

Apabila sudah berjalan dengan baik, mereka masih memiliki keinginan untuk berkerja menyampaikan keinginannya, kita harus dapat mencegah keinginan itu dengan kesederhanaan dari Tao yang tak dapat dilukiskan.

Kesederhanan dari Tao yang sewajarnya akan menyingkirkan keinginan. Dengan menyingkirkan keinginan maka ketenteraman akan mengambil tempatnya, hingga seluruh dunia akan berubah sendirinya menjadi aman dan sentosa.

Persamaan dari seluruh manusia sehingga dunia menjadi aman dan sejahtera .

Bersambung ke : Bagian 2, Bab 38-81

Tidak ada komentar:
Write komentar